Popular Post




Assalamuialaikum saudara saudara ku yang di muliakan Allah. Sering kali kita merasakan di marahi orang lain karena suatu kesalahan atau mungkin kita sendiri yang sedang marah dengan orang lain. Entah disebabkan dorongan Mental dan Pikiran yang sudah Tak kuat menahannya, atau karena di dorong melakukan Tindakan yang syaitan mau. Jangan sampai kita melampiaskannya kepada anak, saudara, teman, pacar, orang tua atau orang-orang yang kita sayangi hanya demi menghilangkan kemarahan. Karena rasa marah, benci, iri sangatlah manusiawi. Jadi wajar jika kita bisa marah dan tentunya ada penyebabnya. Janganlah kita  marah-marah tanpa ada sebab.

Saat kita marah, tidak selalu harus dilampiaskan kepada hal-hal yang justru akan merugikan kita sendiri dan bahkan merugikan orang lain. Cobalah berdoa ketika sedang marah, agar supaya hati terasa damai, tenang dan tentram. Karena, saat rasa hati sudah tenang, damai maka dengan sendirinya rasa marah akan pergi dari hati.  ^^

Islam adalah agama yang sempurna, yang tak hanya mengatur bagaimana bermuamalah kepada Kholiqnya namun juga mengatur bagaimana bermuamalah kepada sesama mahluk Allah. Termasuk dalam masalah amarah/marah ini pun islam mengaturnya dan memberikan perhatian yang amat besar. Nabi Shallallahu „alaihi was sallam bersabda



Artinya:
 Dari Abu Hurairoh rodhiyallahu ‘anhu, Sesungguhnya ada seorang laki-laki yang mendatangi Nabi shallallahu ’alaihi was sallam (kemudian) mengatakan,  “Wahai Nabi berikanlah aku wasiat/nasihat”.  Lalu Nabi shallallahu „alaihi was sallam mengatakan,  “Janganlah engkau marah”. Kemudian orang tadi berkata lagi,  “Wahai Nabi berikanlah aku wasiat/nasihat”. Nabi shallallahu„alaihi was sallam pun mengatakan, “Janganlah engkau marah”

Dalam pandangan islam marah merupakan refleksi dari sifat syitan yang keji. Ia berusaha untuk menjerumuskan manusia melalui kemarahannya. Karena dalam keadaan marah orang akan sangat mudah untuk melakukan perbuatan-perbuatan keji yang lain. Namun demikian bisa disimpulkan bahwa marah merupakan sifat hati yang harus dikelola, agar setiap kemarahan tidak  bersifat destruktif.

Nah , kali ini saya akan membagikan Doa untuk  Mengatasi/Menghadapi Orang Marah 

Do'a Menghilangkan Rasa Marah

اعوذ بالله من الشيطان الرجيم،اللهم اغفرلي ذنبي واذهب غيظ قلبي وأجرني من الشيطان الرجيم

"A'uudzubillahi minasy syaithoonirrojiim, allahummaghfirli dzanbi wadzhab ghoidho qolbii, wa ajirnii minasy syaithoonirrojiim.
Artinya : Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk, Yaa Allah ampunilah dosaku dan hilangkanlah kepanasan hatiku dan lepaskanlah aku dari setan yang terkutuk.

 Do'a Menghadapi Orang Yang Sedang Marah
 Laa ilaaha illallaahul chaliimul hakiim, subhaanallaahi robbus samaawaatis sab’a wa robbul ‘arsyil ‘adhiiimi, laa ilaaha illa anta ‘azza jaaruka wa jalla tsanaa uka.
 Artinya: “Tiada Tuhan melainkan Allah yang Maha Kasih Yang lagi Maha Bijaksana, Maha suci Allah Tuhan yang memelihara tujuh langit dan yang memelihara ‘arsy yang besar tiada Tuhan melainkan Engkau, sangat kuat perlindungan-Mu dan Maha tinggi perlindungan-Mu.”

 Doa Menjauhkan Permusuhan :
 Allaahumma laa tusymit bii ‘aduwwii wa laa tasu’ubii shodiiqii wa laa taj’al mushiibatii fii diinii wa laa taj’alid dunyaa akbaro hammii wa laa tusallith ‘alayya man laa yarchamunii yaa hayyu yaa qayyuum.
 Artinya: “Ya Allah, janganlah jadikan musuhku gembira karena kesusahanku, dan janganlah jadikan temanku membuat kejahatan terhadapku dan janganlah jadikan kemalanganku dalam urusan agamaku dan janganlah jadikan kepentingan dunia menjadi pusat perhatianku dan janganlah jadikan orang yang tidak berbelas kasihan ber maha raja lela atasku, wahai Tuhan yang hidup yang berdiri sendiri.”

Itulah doa khusus ketika sedang marah. Jadi, mulai sekarang, apabila ada orang yang berhasil membuat emosi dan marah, segara ucapkan lafadz doa menghilangkan marah seperti yang sudah dijelaskan diatas. Semoga bermanfaat. Terimakasih ^^

- Copyright © 2013 Irbah Baihaqi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -